Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

Menjauhkan Sifat Sombong

 Menjauhkan Sifat Sombong

Menjauhkan Sifat Sombong - Bahaya yang paling fatal bagi kebahagiaan, dan musuh terbesar bagi umat manusia, adalah kesembongan dan percaya diri yang berlebihan. kejengkelan orang atas suatu perangai buruk tidak sebesar kebencian mereka atas sifat sombongan. bukan saja kesombongan menyebabkan putusnya hubungan cinta dan keserasian, tetapi juga mengubahnya menjadi rasa permusuhan, dan membuka pintu bagi kebencian khalayak terhadap si sombong. ini berarti, orang yang mengharapkan cinta dan hormat dari orang lain harus berusaha menghormati mereka.
    
Masyarakatlah yang menjamin hak dan kewajiban setiap orang. masing-masing menerima cinta dan hormat dari masyarakat sesuai dengan kualifikasi dan kemampuannya. orang yang hanya mencintai dirinya sendiri hanya akan melihat apa yang dikehendaknya dan tak peduli akan perasaan dan urusan orang lain. ia hanya berusaha keras untuk membuat dirinya terangkat dan termasyhur, dan memaksakan kesombongan buatnya sendiri itu kepada orang lain.

Bersikeras mengharapkan penghormatan orang itu tidaklah pantas, karena sengat bertentangan dengan harapan orang dan menimbulkan kebencian mereka atas perilakunya. Reaksi social semacam itu hanya akan menyebabkan si sombong menderita kecemasan dan keresahan.

Masalah yang ditimbulkan sifat sombong

Menjauhkan Sifat Sombong
Jagoan neon si dimas
Akibat buruk lainnya dari kesombongan ialah kecurigaan dan pesimisme. Si sombong mereka merasa seakan-akan semua orang berniat merugikannya. Tentulah ia akan dapat melihat ke tidak pedulian, kebencian, dan penghinaan orang yang berkelanjutan terhadap dirinya. Ia menderita, secara sadar atau dibawah sadar, karena perlakuan semacam itu,dan ini menimbulkan kebencian dan rasa dendamnya terhadap masyarakat. Jiwanya tidak akan tentram sebelum ia membalas dendam. Pada saat itu, revolusi rohaninya berhenti.

Jahatnya sombong hanya akan mendekati nurani manusia apabila yang bersangkutan menderita rasa rendah diri, yang merupakan kelainan rohani. Kelainan ini menyakitkan dan merusak. Darinya dapat muncul banyak bahaya dan kejahatan, yang menyebabkan si sombong menderita lebih banyak kesengsaraan.

Suatu tinjauan singkat terhadap sejarah dunia mengungkapkan bahwa orang-orang sombonglah yang selalu menentang seruan para nabi dan rasul, yang menolak seruan-seruan bener sambil mencegah orang lain menerimanya. Juga, kebanyakan pembunuhan masal yang keji yang terjadi dalam peperangan dunia timbul dari kesombongan dan kecongkakan para pemimpin yang berhati batu.

Kebanyakan orang sombong adalah dulunya anak-anak berperangai buruk yang dibesarkan dalam keluarga yang goyah, yang kemudian beroleh kedudukan dalam masyarakat. Orang-orang ini berusaha menghayalkan diri sebagai berkarakter tinggi, dan berusaha mengungkapkan kehormatan khayali yang diperolehnya dengan menunjukan kesombongan dan kecongkakan. Mudah bagi setiap orang untuk menemukan manusia semacamini dimana-mana.

Orang terhormat yang mempunyai harkat dan mertabat yang sesungguhnya, tidak merasa perlu bersombong terhadap orang lain, karena ia sadar bahwa kecongkakan dan kesombongan tidak akan menimbulkan respek yang sesungguhnya. Ia juga mengerti bahwa sikap itu tidak menunjukan karakter mulia yang sejati.

Sombong menurut seorang psikolog

Batasi harapan dan hasrat-hasrat anda, kurangi harapan dan antisipasi anda, bebaskan diri anda dari hawa nafsu, jauhkan diri anda dari kesombongan, dan jauhilah gambaran-gambaran khayali, untuk menjamin kedamaian yang lebih aman dan lebih langgeng.
 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Menjauhkan Sifat Sombong di blog Roman Blp jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template