Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

Sabar menghadapi ujian hidup

Orang Sabar menghadapi ujian hidup

Sabar menghadapi ujian hidup - Masalah sesungguhnya memang sengaja diberikan oleh Allah Swt kepada manusia. Tidak peduli anda pejabat, pengusaha, petani, ustadz, nelayan, buruh, tukang, bahkan seorang presiden pun pasti terkena sebuah masalah dalam islam dijelaskan bahwa masalah itu bermacam-macam dan bervariasi jenisnya. tetapi,umumnya hanya berupa dua hal, yaitu kesenangan dan kesedihan. anda pasti bertanya-tanya, mengapa kesenangan dimasukkan dalam katagori masalah? bukannya kesenangan bisa menghilangkan rasa stres? memang,stres bisa dihilangkan dengan berbagai kesenangan. misalnya anda sedang mengalami  masalah ekonomi pendapatan anda pas-pasan, bahkan terkadang kekurangan karena adanya kebutuhan mendadak dan bersifat mendesak, seperti sakit, kecelakaan atau lainnya. tiba-tiba Allah Swt memberikan jalan keluar dengan memberikan rezeki yang tidak tahu dari mana asalnya. segalah usaha anda dilancarkan. sehingga, anda memiliki kecukupan harta atau materi. pastinya, selesailah masalah ekonomi yang anda alami. tetapi anda harus ingat bahwa semua bentuk kesenangan itu juga merupakan ujian dari Allah Swt., sebagaimana dijelaskan dalam firman-nya berikut:

“Dan, sesungguhnya akan kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan, berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]:155).

Masalah itu sendiri, sesungguhnya merupakan bentuk ujian atau cobaan dalam kehidupan, layaknya anak sekolah yang harus mengerjakan ujian berupa soal-soal untuk mendapatkan kelulusan. Maka, kita juga diberikan ujian oleh Allah Swt sang guru besar kehidupan berupa masalah ujian ini tidak lain tidak bukan, hanyalah untuk menjadikan kita orang yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan hadits dari Abu hurairah Ra, ia berkata “rasulullah Saw bersabdah:

“Barang siapa yang dikehendeaki Allah menjadi orang baik maka diberikan cobaan kepadanya.” (HR. Bukhari).

Sabar menghadapi ujian hidup
Foto Karya Rudi.H
Orang yang sedang mendapatkan sebuah masalah, berarti ia sedang baru memulai lembaran kesuksesan dalam hidupnya. Jika ia mampu mengatasi masalah tersebut maka ia telah menuliskan sebuah puisi yang indah, penuh dengan keterpaduan dan keseimbangan. Semakin lama dan banyak masalah yang dihadapi serta diselesaikan maka puisi kehidupannya akan semakin berisi dan kuat. Sehingga, puisi kehidupan tersebut menjadi nikmat untuk dinikmati dan dirasakan. Dan, inilah orang yang sukses, orang yang diangkat derajatnya oleh Allah Swt.
Dalam sebuah hadits dikatakan:

Sa’ad bin Abi waqash berkata,” Aku pernah bertanya, wahai rasulullah ! siapakah orang yang paling berat cobaannya? Beliau menjawab, ‘para nabi’ kemudian orang-orang shalih, kemudian yang sesudah mereka secara berurutan berdasarkan tingkat keshalihannya. Seorang akan diberikan ujian sesuai dengan kadar agamanya. Biala ia kuat, ditambah cobaan baginya. Kalau ia lemah dalam agamanya akan diringankan cobaan baginya. Seorang mukmin akan tetap diberi cobaan, sampai ia berjalan dimuka bumi ini tanpa dosa sedikit pun.” (HR. Bukhari).

Makanya, ada pepatah bijak mengatakan:

“Semakin tinggi sebuah pohon, semakin kencang tiupan anginnya.”
Jadi, mulai sekarang tanamkan rasa ikhlas dan ridha dalam diri kita masing-masing jika Allah Swt memberikan masalah dalam kehidupan kita. Sebab, sesungguhnya Allah Swt hendak mengangkat drajat kita dengan ujian itu. Allah Swt hendak menjadikan kita sebagai ornag yang sukses dunia dan akhirat. selamat membaca artikle sederhana dari RomanBlp, Baca juga artikel Kisah Nyata Tentang Stress Mempersulita Datangnya Rezeki  Semoga bisa bermanfaat.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Sabar menghadapi ujian hidup di blog Roman Blp jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template