Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

Merencanakan Keuangan Rumah Tangga Dan Si Buah Hati

Merencanakan Dan Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Merencanakan Keuangan Rumah Tangga - Ada seorang bujangan yang sebentar lagi akan melepaskan masa lajang? Atau, anda baru saja berumah tangga dan tengah menanti datangnya sibuah hati. Apa yang anda rasakan? Sebagaian dari anda mungkin merasa biasa-biasa saja. Mengarungi hidup ibarat air mengalir. Tetapi tidak sedikit dari anda yang mungkin terjangkit perasaan aneh. Ada rasa gembira bahwa anda sudah menjalani hidup secara lebih lengkap, memiliki pasangan hidup dan mempunyai anak. Disisi lain, tentu ada dari anda yang mulai kepikiran tentang bagaimana nanti membiayai sekolah anak. Anda mulai berpikir tentang hidup yang lebih baik. Jangan resah, itu berarti anda telah menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam diri anda. Secara tidak sadar, anda tengah merenungkan yang namanya pengelolahan Keuangan Keluarga Muda. Jika selama ini tatkala masih sendiri atau setelah berdua, penghasilan anda telah habis dipakai untuk kegiatan konsumtif, maka setelah sibuah hati hadir, perlakukan keuangan anda kudu berubah. Selayaknya anda merancang ulang pola keuangan dengan memperhatikan kebutuhan sibuah hati pada saat ini dan masa datang. Artinya, mesti dilakukan perubahan paling tidak dalam spending habits anda.

Bagaimana Mengatur Keuangan Rumah Tangga dan untuk sibuah hati pada dasarnya dimulai sebelum sicalon ibu mengandung, dan kemudian diimplementasikan selama mengandung dan sesudah sibuah hati lahir. Agar perrencanaan tersebut lebih valid, harus pula dibedakan untuk calon ibu yang pekerja dan ibu rumah tangga. Bagi ibu yang berkerja sebagai karyawati, mungkin tidak terlalu masalah. Sebab, ada ketentuan cuti hamil yang memperkenankan calon ibu untuk tidak masuk kerja, paling tidak selama 3 bulan. kemudian, sicalon ibu itu sendiri tetap menerima gaji. Jadi, secara financial, tidak ada perubahan pendapatan. Namun, bagi calon ibu yang berkarir sebagai professional, tentu ceritanya lain lagi. Pada saat mengandung, ada masa mesti beristirahat. Implikasinya, pendapatan akan berkurang. Dengan kata lain, ada potensi menurunkan pendapatan keluarga pada masa-masa tersebut. Sementara, bagi calon ibu yang bukan pekerja, yang penghasilan keluarga bergantung sepenuhnya pada suami, tentu memiliki implikasi yang berbeda. Harus ada persiapan khusus dalam soal perdanaan untuk membiayai kebutuhan calon siibu, khususnya pada saat mengandung dan sesudah melahirkan.

 

Cara untuk perencanaan Solusi Keuangan rumah Tangga Dan pada calon si ibu.

 Merencanakan Keuangan Rumah Tangga
Foto Karya Rudi.H
Carilah perusahaan asuransi yang memberikan benefit yang paling luas, termasuk tanggungan biaya melahirkan. Perusahaan asuransi yang dapat dipertimbangkan tentu adalah yang memiliki jaringan atau provider yang luas. Artinya perusahhan asuransi yang berkerja sama dengan banyak rumah sakit, termasuk umah sakit yang berdomisili berdekatan dengan tempat tinggal anda. Itu kalau anda ingin menggunakan asuransi kesehatan dan dengan benefit yang luas, termasuk pertanggungan untuk biaya dokter. Tetapi benefit yang luas tersebut biasanya member konsekuensi biaya premi yang besar pula. 

Nah, kalau anda tidak mau menggunakan asuransi kesehatan, tentu anda mesti melakukan persiapan khusus dalam hal pendapatan.

1.    Biaya untuk pemeriksaan rutin si calon ibu kedokter. Lazimnya seorang calon ibu mesti memeriksa kesehatan kandungannya sebulan sekali selama masa kehamilan. Itu berarti untuk biaya kedokter harus dipersiapkan dana khusus untuk Sembilan bulan dan bahkan lebih  jika anda ingin lebih aman.

2.    Anda mesti mempersiapakan dana lebih untuk membiayaikonsumsi calon si ibu pada masa kehamilan. Ini wajar, sebab konsumsi seorang calon ibu tentu relative berbeda dengan seorang wanita yang tidak hamil. Paling tidak pada masa kehamilan, ada istilah bahwa konsumsi tersebut bukan hanya untuk satu orang melainkan untuk dua orang.

3.    Biaya untuk melahirkan, yang meliputi biaya rumah sakit dan biaya dokter. Jangan lupa, kendati kebanyakan orang menginginkan melahirkan secara alami, tapi tidak selalu bisa demikian. Terkadang kondisi kesehatan mengharuskan seseorang melahirkan melalui operasi dan ini tentu membutuhkan biaya yang cukup besar. Nah, untuk itu biaya yang mesti untuk di keluarkan adalah termasuk kalau proses kelahiran sibuah hati dilakukan melalui proses caecar.

4.    Biaya pasca melahirkan, yakni untuk pemeriksaan kedokter dan konsumsi sibuah hati serta pemulihan ibunya. Jumblah biaya yang dibutuhkan pada tahap ini sangat bergantung pada kondisi sibuah hati dan si ibu. Tetapi yang terpenting adalah anda paham bahwa setelah sibuah hati lahir, masih ada lagi biaya-biaya yang dialokasikan secara khusus agar si buah hati ataupun si ibu sehat dan membuat hidup anda lebih bermakna.

 

Rangkuman Merencanakan Keuangan Rumah Tangga

Jangan resah kalau anda membayangkan beban pengeluaran keuangan kalau nanti punya anak atau anak bertambah. Perencanaan keuangan untuk sibuah hati pada dasarnya dimulai sebelum si calon ibu mengandung, untuk kemudian diimplementasikan selama mengandung dan sesudah si buah hati lahir. Agar perencanaan tersebut lebih valid, harus pula dibedakan untuk calon ibu yang pekerja dan ibu rumah tangga. Biaya untuk kedokter pada masa kehamilan, biaya konsumsi untuk calon ibu pada saat mengandung, biaya melahirkan, dan biaya pasca melahirkan selayaknya dialokasikan dalam suatu rekening tabungan khusus yang peruntukannya semata-mata memang untuk sibuah hati. Jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana menyiapkan dana yang cukup untuk masa depan anak dan Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak. selain itu juga tidak ada salahnya kalau kita mempunyai hobi yang menarik yang bisa menghasilkan uang itu juga bisa menambah meringankan beban kita dalam masalah keuangan keluarga kita seperti Menjadikan Hobi Sebagai Investasi. Selamat membaca artikel yang cukup sederhana dari RomanBlp.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Merencanakan Keuangan Rumah Tangga Dan Si Buah Hati di blog Roman Blp jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template